• Breaking News

    Minggu, 19 Maret 2017

    Gelar Rakorwil, PKS Mulai Jaring Nama Cagub Jateng 2018

    Ketua DPW PKS Jawa Tengah, KH Kamal Fauzi
    SEMARANG, PKS Jateng Online – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah mulai menjaring nama-nama yang berpeluang maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng tahun 2018 mendatang. Pembahasan terkait Pilgub Jateng tersebut akan disampaikan dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) yang digelar Ahad (19/3/2017) di Hotel Grasia Semarang.
    Ketua DPW PKS Jateng, KH Kamal Fauzi dalam keterangannya Sabtu (18/3/2017) mengatakan bahwa penjaringan nama calon gubernur yang akan diusung PKS akan dibahas berdasarkan masukan dari Dewan Pimpinan Tingkat Daerah di 35 daerah di Jateng. “Saat Rakorwil besok, semua DPD kita kumpulkan dan mendengarkan masukan-masukan, utamanya terkait usulan nama calon gubernur yang akan kita usung di 2018 mendatang,”katanya.
    Lebih lanjut, Kamal menyampaikan bahwa dari usulan dan masukan DPD dalam momentum Rakorwil tersebut, pihaknya kemudian akan menentukan aspirasi dan usulan nama calon gubernur yang dijaring melalui masukan DPD tersebut di tingkat DPW.
    Terkait komunikasi dengan partai politik lain, Kamal sendiri mengaku sudah dua kali parpol-parpol menggelar pertemuan. Meski berlabel silaturahmi, sudah ada rerasan untuk menggalang koalisi dan memunculkan nama kandidat.’’Baru bincang-bincang bagaimana Jateng ke depan. Belum mengerucut ke nama. Baru lontaran-lontaran. Walau arahnya sudah agak tahu, tapi itu seperti ilmu gaib, belum bisa disampaikan (pada wartawan),’’ imbuhnya lagi.
    Kamal juga menyebut bahwa partainya akan melakukan penjajakan potensi kader, dimana semua pengurus dan anggota DPRD kabupaten/kota, provinsi, dan pusat dari PKS akan dikumpulkan.
    Saat ini, kata Kamal, PKS realistis dengan jumlah kursi yang dimiliki dan akan menyerahkan kepada partai koalisi kelak, siapa figur yang tepat untuk memimpin provinsi ini. Dengan 10 kursi yang dimiliki di DPRD Jateng, partainya tidak mungkin mengajukan calon sendiri. “Kami masih mengevaluasi strategi. Pilkada serentak yang lalu sekaligus sebagai pemanasan. Apalagi satu kader kita di Salatiga memenangi Pilkada, sehingga hal itu tentunya juga menjadi modal,’’pungkasnya.
    Sebagai informasi, tahapan pilgub akan dimulai pada Agustus/September 2017. Pencoblosan dilakukan pada Juni 2018, berbarengan dengan pilkada di tujuh kabupaten/kota, yakni Karanganyar, Temanggung, Banyumas, Kudus, Kabupaten Magelang, Kabupaten Tegal, dan Kota Tegal.
    Sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016 sebagai Perubahan Kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur/Bupati/ Wali Kota, aturan main pilgub sama dengan Pilkada 2017. Pasangan calon dapat diusung oleh parpol yang memiliki 20 persen kursi di DPRD Jateng atau meraup suara 25% suara sah Pileg DPRD Jateng 2014.
    sumber: http://www.jateng.pks.id/home/detail/3095/Gelar-Rakorwil-PKS-Mulai-Jaring-Nama-Cagub-Jateng-2018

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar